Cara Restore Hasil backup wordpress

Posted by Unknown Saturday, December 22, 2012 0 comments
Cara Restore Hasil Backup WordPress 

Hallo sobat, gimana kabarnya? yah, semoga selalu sehat-sehat saja dan selalu dalam perlindungan-NYA untuk tetap eksis ngeblog, ngeblog untuk tujuan yang bermanfaat.

Oke, pada kali ini saya ingin meneruskan postingan yang sebelumnya yaitu tentang cara backup di wordpress, dimana pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tentang cara restore hasil backup wordpress.

Langsung saja ke cara restore hasil backup wordpress

  • Pertama : Kalau belum login/masuk ke dashboard wordpress, silahkan sobat masuk/login dulu dengan caranya masing-masing :D


  • Kedua : Setelah sobat berada di halaman dashboard, di kolom kiri terdapat beberapa menu, pilih menu tools dan klik import. 


  • Setelah itu klik wordpress


  • Jika muncul pesan seperti ini, klik "Instal Now" setelah itu aktivkan, klik " Activate Plugin & Run Importer | Return to Importer"


  • Nah, setelah itu akan muncul halaman seperti berikut ini, klik "pilih file" Cari file hasil back up'an sobat filenya berkestensi .xml kalau sudah.


  • Klik upload file and import.


waktunya tergantung pada besar kecilnya ukuran file yang sobat upload. Setelah proses upload file selesai, maka sobat akan diminta untuk memasukan nama administrator dalam file yang tadi sobat upload. Silahkan isi dengan nama administrator yang sudah ada atau dapat sobat membuat administrator dengan nama baru. Sampai proses ini berarti proses Restore Data WordPress hasil backup sudah selesai, mudah kan..?

Sekedar Tambahan

Pengalaman saya, pada beberapa macam theme/template, cara backup dan restore dengan memakai fasilitas tools export-import tidak bekerja secara maksimal. Utamanya dalam menampilkan gambar thumbnail di halaman depan. Gambar yang ada pada setiap postingan tidak akan muncul. Gambar postingan hanya akan muncul pada single post saja. Tetapi pada theme/template klasik bawaan wordPress biasanya gambar itu akan muncul. Hal ini terjadi karena gambar-gambar thumbnail tidak dapat diimport pada menu media. Silahkan saja cek ke menu media di dashboard sobat. Semua gambar postingan yang sobat import tidak ada di sana.

Untuk menampilkan kembali gambar thumbnail maka jalan satu-satunya adalah dengan cara melakukan edit semua postingan sobat. Silahkan hapus gambar yang ada pada postingan sobat kemudian masukan kembali gambar tersebut. Kalau sobat tidak mau ribet seperti itu, maka lebih baik sobat melakukan backup dan restore data blog wordPress dengan menggunakan Cpanel Hosting sobat

Oke, mungkin cukup disini dulu pertemuan kita, "cie, hhahahaha" tentang cara restore hasil backup wordpress. Semoga beberapa tulisan ini bisa bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari tutorial tentang cara backup di wordpress maupun cara restore hasil backup'an wordpress.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak,karen saran dari temen sangat bermanfaat buat kemajuan blog ini.
Note : Komentar di moderasi, jadi komentar yang bijak dan bermanfaatlah yang akan di tayangkan.

Recent Coments

Tentang Saya

Nama Saya Heka Ardian, Dari KEDIRI jawa timur yang masih Gaptek. Tujuan membuat blog ini tak lain hanyalah untuk sekedar sharing dan memberikan Informasi yang semoga bisa bermanfaat Bagi pembaca setia Blog Ini. Ingin share atau berbagi cerita kalian? Saya selaku admin sangat senang menerima itu, nama dan identitas sobat akan saya cantumkan di akhir artikel, Mau silaturahmi sama saya? Klik facebook ini. Blog Lain Ophoo