Cara Backup Wordpress

Posted by Unknown Tuesday, December 18, 2012 4 comments
Cara Back up wordpress


Blog wordpress yang kita punya tentunya berisi data-data yang penting sekali. Data-data berbentuk postingan sebuah artikel yang sangat berguna untuk menarik Visitor atau pengunjung. Postingan artikel yang sudah terdeteksi oleh mesin pencari atau Search Engine tentunya sangat berpengaruh pada peringkat sebuah blog yang kita buat. Jadi bagaimana jika postingan artikel yang kita buat tiba-tiba tidak bisa ditampilkan gara-gara kita salah dalam editing Script php dari template kita atau karena Server hosting kita mengalami kerusakan ??

Bagi seorang teknisi yang sudah malang melintang di dunia programmer atau paling tidak mengetahui seluk beluk tentang designer website pastinya tidak akan bingung jika mengalami error pada blog atau website yang dikelola, namun jika kita masih awam dan belum ngerti benar, maka untuk menghidari kerugian yang lebih besar, baiknya kita melakukan backup terhadap data yang ada pada blog atau website wordpress kita.

Untuk melakukan backup terhadap data blog atau website wordpress kita dapat dilakukan dengan tiga cara, yakni dengan menggunakan fasilitas cpanel hosting, memakai plugin dan memakai fasilitas tool yang sudah ada dalam wordpress kita. Pada tulisan kali ini saya akan mencoba menguraikan cara melakukan backup data wordpress dengan memakai Plugin.

Cara Back up Data WordPress
Pertama : silahkan sobat login/masuk ke dalam dashboard wordpress shobat dengan mengetik www.nama domain sobat/wp-admin. masukan user dan password sobat. (tergantung setingan masing-masing, biasanya ada yang berbeda)

Kedua : silahkan dowload plugin Backup wordpress klik disini untuk mendowloadnya

Ketiga : Silahkan upload file tadi yang berfotmat .zip ke menu plugins
Caranya?

- Klik add new untuk upload,

-Klik upload untuk mengupload file
Klik pilih file untuk mencari filenya itu, lalu klik instal. tunggu beberapa detik hingga proses instalasi selesai. lalu klik activated plugins.
Setelah itu cari plugin tadi di menu plugin, dengan nama "Back up wordpress" dan lakukan seting sebagai berikut.
Klik, backups diatas
Lalu klik settings, setelah muncul jendela pup up untuk setting isikan sebagai berikut.
- Pada pilihan Backup, ada 2 pilihan " detabase only " dan "both detabase & files" disini terserah anda yang mau anda backup detabase saja ataupun sama file juga. kalau anda pilih salah satu proses backup juga semakin cepat. saran saya cukup backup detabase nya saja.

- Pada pilihan schedule, anda terserah pilih yang manual ataupun otomatis. jika tidak ingin membebani server anda sebaiknya manual saja. pilih " manual only"

- Pada pilihan Email notification, isi saja email anda. guna email ini adalah untuk mendownload file backupnya blog wordpress anda selain melalui dashboard. setelah itu klik up date, dan tara.. wordpress anda sudah siap untuk di backup kapanpun.

Caranya?

Masuk dashboard wordpress anda, klik Tool -> klik lagi "backups"


Dan Klik "Run Now"
Setelah selesai silahkan klik download,
Dan simpan file yang berekstensi .xml di folder anda untuk buat jaga-jaga di kemudian hari.

Cukup mudah bukan cara backup wordpress? ini merupakan salah satu cara untuk melakukan cara backup wordpress. anda juga bisa melakukanya dengan cara lewat c-panel tentunya dengan cara yang berbeda pula, atau biasanya ada sebuah layanan hosting yang backup detabase otomatis sehingga lebih memudah kan anda bukan?

Baiklah, semoga postingan tentang cara backup wordpress ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari cara backup wordpress, untuk selanjutnya silahkan simak tentang cara restore data hasil backup wordpress.
Comments
4 Comments

4 comments:

Modz Go Blog said...

Informasinya sangat bagus sekali, dan blognya juga tak kalah bagus, visit bang heka

Unknown said...

@Modz Go Blog trima kasih atas kunjunganya sobat, alhamdulilah kalau bermanfaat. Jangan sungkan-sungkan lagi untuk berkunjung ke blog ini.

Urang Awak said...

Terimakasih atas informasinya Om...

Unknown said...

@Urang Awak, sama-sama mas bro.. terima kasih sudah berkunjung...

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak,karen saran dari temen sangat bermanfaat buat kemajuan blog ini.
Note : Komentar di moderasi, jadi komentar yang bijak dan bermanfaatlah yang akan di tayangkan.

Recent Coments

Tentang Saya

Nama Saya Heka Ardian, Dari KEDIRI jawa timur yang masih Gaptek. Tujuan membuat blog ini tak lain hanyalah untuk sekedar sharing dan memberikan Informasi yang semoga bisa bermanfaat Bagi pembaca setia Blog Ini. Ingin share atau berbagi cerita kalian? Saya selaku admin sangat senang menerima itu, nama dan identitas sobat akan saya cantumkan di akhir artikel, Mau silaturahmi sama saya? Klik facebook ini. Blog Lain Ophoo